Desa Bumbun Kecamatan Sadaniang Juara PHBS Kabupaten

batu-pertama_20171129_233354

      Bupati Mempawah Ria Norsan mengatakan Pemerintah Kabupaten Mempawah memberikan perhatian besar terhadap program Keluarga Berencana Nasional dan program kesehatan. Tahun ini Kecamatan Sadaniang desa Bumbun ditetapkan sebagai lokasi TNI Manunggal KB Kesehatan TMKK tahun 2017 di tingkat Kabupaten mempawah. “Akses pelayanan KB saat ini cukup mudah didapatkan, selain di pelayanan rutin di rumah sakit, puskesmas/klinik KB dan polindes, pelayanan KB dan kesehatan juga sering dilaksanakan di lapangan langsung ke masyarakat secara mudah dan bahkan gratis,” ujar bupati sesaat setelah peletakan batu pertama pembangunan Balai Desa Bumbun bersama dengan Kepala Staf Komando Distrik Militer (Kasdim) 1201 Mempawah, Mayor Inf. Fitriyadi, Selasa (28/11/2017) lalu. Norsan mengatakan melalui program Kampung KB yang sudah dicanangkan di seluruh kecamatan di Kabupaten Mempawah diharapkan dapat meningkatkan kualitas hidup masyarakat di tingkat kampung atau setara melalui program kependudukan, keluarga berencana dan pembangunan keluarga, serta pembangunan sektor terkait lainnya. Mengenai desa bumbun, Norsan mengatakan pemdes bumbun terus melakukan sejumlah inovasi sehingga membuat suasana desa lebih semarak dan bewarna warni dan menghilangkan kesan kumuh.

Desa Bumbun sendiri terpilih sebagai juara pertama tingkat kabupaten dalam kategori desa yang ber-PHBS (Perilaku Hidup Bersih dan Sehat) dan akan ikut lomba di tingkat provinsi mewakili Mempawah dengan konsep desa kampung pelangi serta kambung KB Kes dari TNI.

“Saya ucapkan selamat kepada Desa Bumbun Perubahan ini didukung oleh masyarakat yang memiliki peran andil yang besar,” ujarnya.

Kepala Staf Komando Distrik Militer (Kasdim) 1201 Mempawah Mayor Inf. Fitriyadi mengatakan pencanangan TMKK ini merupakan tindaklanjut arahan Presiden Indonesia, Joko Widodo agar manfaat program KB dirasakan langsung oleh masyarakat terutama pada wilayah padat penduduk, tertinggal, terpencil dan wilayah nelayan di seluruh tanah air.

“Pak Presiden, juga memberikan arahan agar program KB lebih fokus kepada masyarakat kurang mampu dan tidak memiliki akses terhadap fasilitas kesehatan,” ujarnya.

Dirinya menuturkan pencanangan ini, diharapkan program KB dan kesehatan dapat lebih menjangkau masyarakat terutama di desa dan dusun

“ada beberapa nilai positif dan harapan bersama terkait pelaksanaan kegiatan ini, diantaranya program KB dapat memberikan kontribusi yang maksimal dalam pengendalian penduduk di kabupaten,” ujarnya

Menurutnya hal tersebut dapat berpengaruh terhadap pembangunan dan mengurangi laju pertumbuhan penduduk.

“Pencanangan TMKK ini sangat diperlukan, sebab keberhasilan program KB akan membantu dalam meningkatkan kualitas hidup manusia dan kesehatan keluarga pra sejahtera untuk menuju lebih baik,” ujarnya.

Ia menambahkan dipilihnya Desa Sadaniang ini sebagai pencanangan TMKK, BKKBN dan Pemkab akan mendorong pembangunan masyarakat menuju sejahtera dari tingkat keluarga.

Tinggalkan komentar